10 Marketplace China Terpopuler dengan Harga Murah

10 Marketplace China Terpopuler dengan Harga Murah

China sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat memiliki banyak teknologi yang dapat bersaing dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, tak terkecuali dalam bidang layanan dan penawaran produk seperti marketplace.

Kini, marketplace China menjadi rujukan untuk perbelanjaan secara online bagi orang-orang di berbagai penjuru negara dan bahkan melayani hampir lima puluh persen transaksi di seluruh dunia.

Hingga saat ini, ada puluhan marketplace yang beroperasi di China yang sebagian sangat dikenal di luar negara tersebut, termasuk Indonesia. Bukan hanya penggunaannya yang mudah, beberapa marketplace asal China juga memiliki barang-barang dengan kualitas terbaik serta harga yang relatif murah.

Marketplace yang ada di China umumnya mendukung berbagai jenis transaksi. Berikut jenis-jenis transaksi yang dimaksud

  • Transaksi B2B (Business To Business): Bagi yang menginginkan transaksi B2B atau partai besar, pembeli dapat melakukan negosiasi dan kesepakatan harga hingga memilih metode pengiriman yang diinginkan.
  • Transaksi B2C (Business To Customer): Bisnis ala marketplace pada umumnya yang menghubungkan langsung penjual dan pembeli tanpa perantara.
  • Transaksi C2C (Customer To Customer): Bisnis yang menghubungkan antara konsumen ke konsumen. Biasanya sangat cocok bagi yang ingin mendapat barang di luar toko fisik atau menginginkan barang-barang yang langka dan unik. 

Di bawah ini akan disajikan beberapa rekomendasi marketplace terbaik asal China yang memiliki produk dengan harga murah.

B2B Marketplace Terbaik

1. Alibaba

    alibaba marketplace

    Merupakan salah satu marketplace china dengan lebih dari 600 juta pengguna aktif, Alibaba merupakan marketplace yang dapat membantu memenuhi kebutuhan, terutama untuk berbagai transaksi B2B. Alibaba dipercaya sebagai marketplace terbaik karena memiliki sistem perlindungan kepada para pembelinya dengan fitur penarikan uang kembali bila terjadi masalah saat transaksi. Dengan demikian, para pembeli dapat merasa lebih nyaman dan aman saat bertransaksi.

    Alibaba kini telah memiliki subplatform bernama Tmall dan Tmall global. Keduanya merupakan cross-border e-commerce, yakni platform online yang memungkinkan pembelian barang dari berbagai penjuru dunia yang ditawarkan oleh pedagang internasional. Tmall diberlakukan khusus untuk negara China, sedangkan Tmall global bisa digunakan oleh negara-negara di seluruh dunia di luar China.

    2. AliExpress

    Berada di bawah naungan Alibaba, AliExpress dapat menjadi alternatif marketplace asal China yang menyediakan produk-produk dari manufaktur terbaik. AliExpress menyediakan banyak pilihan produk yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan. 

    Marketplace satu ini lebih fokus pada transaksi B2C atau B2B untuk pesanan dengan jumlah yang cenderung kecil. Pembeli bisa membeli barang lewat transaksi B2B tanpa perlu memesan terlalu banyak barang. Hal inilah yang menjadi keunggulan AliExpress dibandingkan dengan Alibaba yang mengutamakan transaksi B2B. 

    Keunggulan lain dari penggunaan AliExpress yaitu jaminan uang kembali apabila barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi atau jika pengiriman tidak sesuai dengan tanggal yang disepakati.

    2. 1688

    1688.com adalah marketplace yang berada di bawah naungan Alibaba group. 1688.com sendiri melayani pembelian barang dari 12 sektor lebih seperti bahan mentah, produk-produk industri, hingga perlengkapan rumah tangga. 

    Marketplace satu ini sesungguhnya difokuskan untuk pasar lokal di China. Oleh karena itu, pemilihan bahasa untuk 1688.com pun juga sangat terbatas, sehingga hanya cocok digunakan untuk pembeli yang bisa berbahasa Mandarin. 

    Namun dengan pemilihan bahasa yang terbatas, 1688.com seringkali menjadi alternatif pilihan marketplace yang baik bagi para importir. Sebab, harga barang-barang di 1688.com cenderung lebih murah dibandingkan Alibaba sebagai marketplace indukannya. Selain itu, 1688.com menjadi pilihan karena dapat menjamin transaksi yang aman dan aman bagi para konsumen.

    4. DHGATE

    Dibentuk tahun 2004, DHGate menjadi salah satu pilihan marketplace China yang menjanjikan harga murah. Hal ini tidak terlepas dari sistem bisnis DHGate yang menghubungkan langsung antara pembeli dengan banyak pengusaha grosir dari China. 

    Sebagai cross-border e-commerce, DHGate menyediakan barang yang lengkap dari penjual-penjual di berbagai penjuru dunia. Dengan penggunaan yang mudah, DHGate telah dipercaya oleh lebih dari 10 juta pembeli di lebih dari 150 negara. Tak hanya transaksi ke konsumen, DHGate juga melayani transaksi B2B untuk berbagai jenis barang mulai dari elektronik, pakaian, aksesoris, dan lain-lain.

    Pada waktu tertentu, DHGate juga menyediakan gratis ongkos kirim. Hal ini tentu akan meringankan konsumen dari luar negeri yang akan berbelanja banyak barang. 

    5. GearBest

    Didirikan tahun 2013, GearBest merupakan marketplace yang menjual beraneka barang elektronik seperti smartphone, laptop, kamera, dan lain-lain. Meski terkenal dengan penjualan barang elektronik, marketplace yang bermarkas di Shenzhen ini juga menjual barang lain dari berbagai sektor seperti  mainan, perlengkapan olahraga, hingga pakaian. 

    GearBest tak hanya menyediakan barang-barang murah, tapi juga gratis ongkir dengan pembelian minimal $40 atau sekitar Rp600 ribu. Agar bisa mendapat gratis ongkir tersebut, pengguna juga diharuskan menggunakan China Post atau Hong Kong Post sebagai opsi pengiriman. Sementara itu untuk pembayaran, pembeli dapat memilih beberapa layanan seperti AliPay, WeChat Pay, atau kartu kredit. 

    Bila barang yang diterima rusak atau tidak sesuai, GearBest memberikan kesempatan pengembalian dana dalam waktu 45 hari.

    6. JD.com

    JD.com menjadi daftar marketplace asal China selanjutnya yang cocok menyediakan barang kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Marketplace yang merupakan singkatan dari Jiang Dong ini menjual barang dari berbagai sektor, tapi yang menjadi fokus adalah penjualan produk-produk fashion serta elektronik.

    Selain harga yang murah, JD.com juga memiliki keunggulan lain seperti foto produk yang sangat jelas, video produk yang memungkinkan untuk melihat produk secara keseluruhan, fitur cashback, serta fitur lainnya yang membuat pembeli menjadi ingin belanja terus menerus.

    Dalam hal pengiriman, JD.com merupakan salah satu marketplace yang canggih. Tak hanya pengiriman manual menggunakan kapal, truk, motor atau mobil, JD.com juga memfasilitasi pengiriman pesanan dengan menggunakan drone atau mobil tanpa pengemudi.

    TaoBao adalah marketplace yang didirikan pada tahun 2003 dan telah menjadi pionir terbesar bagi pasar nasional China sejak tahun 2005. Marketplace yang bekerjasama dengan aplikasi pembayaran AliPay ini telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.

    TaoBao sendiri sesungguhnya berfokus pada jual beli antarkonsumen. Meski demikian, marketplace satu ini tetap bisa menjadi pilihan untuk mereka yang menginginkan transaksi B2B

    Hingga kini, TaoBao masih menjadi salah satu pilihan marketplace terbaik, khususnya di China. Hal ini tak lepas dari event yang diadakan oleh TaoBao untuk mengundang banyak konsumen berbelanja. Selain event yang menarik, TaoBao juga menyediakan banyak sekali voucher promo serta gratis ongkir.

    8. Pinduoduo

    Pinduoduo merupakan marketplace yang sedang naik daun di China dan telah memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif. Di China, Pinduoduo berkontribusi untuk 12,8% dari total penjualan untuk sektor retail.  Marketplace satu ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan berbagai macam produk dengan harga terjangkau, terutama untuk grosir dan transaksi B2B. 

    Pinduoduo sebagai marketplace berfokus pada penjualan barang-barang unik serta produk-produk yang bisa dibuat khusus sesuai pesanan pembeli. Bukan hanya harganya yang murah, marketplace ini juga seringkali mengadakan fitur diskon, promo, serta penawaran menarik lainnya.

    Bagi yang berminat untuk bertransaksi, Pinduoduo menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran seperti AliPay, WeChat Pay, kartu kredit, dan lain-lain.

    9. Global Market

    Global Market adalah penjual grosir sekaligus marketplace yang telah digunakan banyak orang-orang sejak tahun 1995. Global Market menyediakan barang-barang berkualitas asal pabrikan China dari berbagai sektor seperti aksesoris, mainan, dan perlengkapan rumah tangga.

    Global Market sangat cocok menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melakukan pembelian barang dalam jumlah besar karena marketplace satu ini berfokus pada penjualan M2B (Manufacture To Business).

    Artinya, barang yang dibeli berasal dari pabrik langsung dan tentu memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan pembelian melalui tengkulak.

    Namun demikian, pembeli memiliki ketentuan dalam berbelanja di Global Market, yakni harus melakukan pembelian minimal seharga $1000 atau sekitar Rp15 juta, dengan pembayaran dapat dilakukan melalui PayPal, Western Union, L/C, atau T/T.

    10. Made-in-China

    Made-in-China adalah website grosir yang menghubungkan antara produsen, supplier, dan para pembeli. Marketplace yang didirikan tahun 1998 ini memiliki sistem bisnis yang hampir sama dengan Alibaba. Hanya saja, dengan skala yang lebih kecil. 

    Karena menjadi ekosistem jual beli antara produsen, supplier, dan pembeli, Made-in-China sangat cocok digunakan untuk transaksi B2B atau partai besar. Made-in China menjamin semua supplier yang ada terverifikasi dengan baik oleh sistem serta pengalaman bertransaksi yang lebih aman dan nyaman.

    Selain itu, marketplace ini juga menyediakan fitur meeting untuk mencegah bentrok antar-supplier dan pembeli bisa berdiskusi dengan lebih intens terkait produk yang akan dibeli.

    Tips untuk Belanja Cerdas di Marketplace China

    Melakukan transaksi terutama dalam jumlah besar dan dari luar negeri tentu kan sangat berbeda dengan transaksi antarkota dalam negeri atau toko fisik. Oleh karena itu, penting untuk memahami langkah-langkah tertentu dalam berbelanja secara online di marketplace asal China agar mendapat pegalaman bertransaksi yang baik. Berikut tips berbelanja cerdas di marketplace China: 

    1. Pilih Penjual atau Supplier Terpercaya

    Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam berbelanja di marketplace China adalah memilih penjual atau supplier terpercaya. Ini sangat penting, terutama bila ingin melakukan transaksi B2B yang barangnya dibeli dalam jumlah besar. Pemilihan penjual terpercaya berguna untuk mendapatkan pengalaman transaksi yang lebih baik. 

    Pastikan untuk melihat penilaian yang didapat toko atau supplier dari transaksi-transaksi yang pernah ada sebelumnya. Tindakan ini dapat meminimalisasi toko-toko yang berpotensi menipu atau mengirim barang dengan kualitas rendah. 

    1. Bandingkan Harga

    Marketplace merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan supplier yang berkemungkinan menawarkan barang sama. Dengan demikian, penting untuk membandingkan harga yang ditawarkan santara satu toko dan lainnya sebelum memutuskan untuk membeli.

    Tips ini sangat cocok diterapkan terutama untuk mereka yang ingin melakukan transaksi B2B. Bagi yang ingin menjual barang kembali, keuntungan yang didapat bisa lebih besar, sementara untuk pembelian bahan dasar atau bahan pokok, pencarian harga termurah dapat memangkas biaya untuk modal. 

    1. Dapatkan Harga Terbaik dari Promo dan Event

    Dari daftar yang telah dipaparkan di atas, banyak sekali marketplace asal China yang menyediakan berbagai promo dan event menarik. Hal tersebut tentu akan sayang untuk dilewatkan, apalagi jika berkaitan dengan pemangkasan harga dan ongkos kirim.

    Carilah promo sebanyak mungkin untuk mendapatkan penawaran dan harga terbaik agar bisa menguntungkan, khususnya untuk pembelian dalam jumlah yang besar. Namun demikian, pencarian promo ini lebih disarankan untuk transaksi yang tidak bersifat mendesak, karena biasanya perlu menunggu tanggal atau jam tertentu untuk mendapatkannya.

    1. Berkomunikasi dengan Supplier/Penjual

    Sebuah transaksi tentu akan menjadi lebih jelas dan berlangsung dengan baik bila terjadi antara supplier atau penjual dengan pembeli. Komunikasi ini penting untuk berbagai hal seperti mengetahui lebih detail barang yang akan dibeli, menanyakan jaminan keamanan untuk barang yang rapuh atau mudah tumpah, menanyakan stok yang tersedia, dan hal-hal lain yang dapat menunjang keamanan dan kenyamanan sebelum pemesanan dan pembayaran dilakukan.

    Melihat betapa pentingnya komunikasi dalam bertransaksi secara online di marketplace, sangat disarankan untuk memilih marketplace yang menyediakan layanan komunikasi dengan penjual dalam bentuk apa pun.

    1. Meminta Sampel

    Bagi yang ingin melakukan transaksi barang dalam jumlah besar atau B2B, tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk barang berikut pengirimannya. Sebagai konsumen, Anda pasti ingin mendapatkan produk terbaik. 

    Perlu diingat bahwa perbelanjaan secara online membatasi konsumen untuk melihat kondisi fisik barang secara jelas dan nyata. Oleh karena itu, penting untuk meminta sampel atau contoh barang pada supplier.

    Hal ini berguna agar pembeli bisa melihat barang yang diinginkan secara langsung dan menghindari penyesalan setelah membeli karena kualitas atau penampilan fisiknya tidak sesuai dengan harapan.   

    RapidStar Logistic, Jasa Importir Barang dari China Terpercaya

    Segala pembelian yang dilakukan di marketplace China tentu memerlukan pengiriman yang terbaik agar barang bisa sampai di tujuan tanpa ada kendala dan kerusakan mengingat jarak yang jauh serta kemungkinan pemesanan dalam jumlah besar. Hal tersebut dapat tercapai apabila Anda memilih jasa pengiriman/importir yang tepat.

    RapidStar Logistic merupakan jasa importir yang dapat membantu mengirimkan berbagai barang dari China ke Indonesia. Rapidstar Logistic melayani berbagai jasa pengiriman barang mulai dari pengiriman melalui jalur laut dalam jumlah kecil atau LCL (Less than Container Load) dan dalam jumlah besar atau FCL (Full Container Load), pengiriman jumlah kecil lewat udara, bantuan transfer ke rekening China dalam kurs Yuan (RMB), serta jasa belanja dari supplier China terpercaya.

    Konsumen dapat meminta bantuan dari RapidStar Logistic untuk mencari serta melakukan pembelian berikut pembayaran ke supplier. Setelah konsumen menyetujui pembelian dan pengiriman, barang akan dikirim ke gudang RapidStar Logistic yang ada di China dan akan segera dikirim ke Indonesia. Bila barang telah sampai di Indonesia, maka RapidStar Logistic akan langsung mengantar ke rumah sesuai alamat yang tertera.

    Dalam pelaksanaan pengiriman barang, RapidStar Logistic memberikan layanan Door-to-Door dan 100% barang sampai dengan aman ke tangan pelanggan. Selain itu, RapidStar Logistic juga memiliki waktu pengiriman yang lebih cepat dengan harga yang bersaing tanpa adanya minimal jumlah yang bisa dikirimkan.

    Dengan keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan oleh RapidStar Logistic, Anda tentu tak perlu ragu untuk menggunakan jasa kirim satu ini. Tunggu apa lagi? Hubungi RapidStar Logistic sekarang juga! 

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Hubungi Kami
    1
    Scroll to Top
    Scroll to Top